Translate Page in

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

PleaSE CLick one ads for donation my blog thanks

Sabtu, 14 Mei 2011

66

Cara Instal Modem Prolink P2000 CDMA di Ubuntu 10.10

Berawal dari coba-coba memakai OS linux di PC malah kebingungan untuk koneksi ke internet pake modem cdma padahal kalau pakai modem GSM malah gampang banget. Tapi akhirnya bisa juga facebookan di Ubuntu 10.10 setelah searchin di google akhirnya nemu juga caranya biar bisa konek. Caranya begini kawan harus super teliti ya soalnya gara-gara aku gak teliti malah berulang-ulang ngedit configurasinya... padahal gak susah-susah amat,amat aja gak susah. Ok pertama kita harus tau id hardware modem tersebut dengan  cara
  1. Klik kanan pada my computer  > manage (maka kita akan masuk ke jendela Computer Management) klik pada Device Manager > Modem >klik kanan pada modem device > properties  seperti gambar dibawah ini ya lalu catat ID modemnya
  2. Pindah ke Ubuntu buka terminal ketikkan lsusb 
  3. Jika modem sudah terdeteksi maka ID Device modem akan muncul seperti gambar yang diatas (lingkaran merah) sesuai dengan catatan anda yang tadi pada step 1
  4. Jika tidak terdeteksi kita mesti mengconfigurasikan secara manual yaitu denga cara mengetikan sudo nano /etc/modules  pada kolom terminal dan di isi dengan USBSERIAL VENDOR=0XO5C6 PRODUCT=0X6000 lalu save dan restart
  5. Langkah selanjutnya buka lagi terminalnya ya lalu ketikkan ini tail -f /var/log/syslog  
  6. System - Preferences - NetworkConnections - TAB MobileBroadband - add
    cek apakah sudah muncul modemnya?? 
  7. Jika sudah lanjutkan untuk memilih negara kemudian ceklist I can't find my provider bla...blaa... ketikkan Telkom-flexi > forward > apply > masukkan username dan passwordnya yg benar ya dan apply selesai sudah tinggal mencoba koneksi pasti sudah taukan cara mengkoneksikannya  selamat berkreasi jika kurang jelas silahkan ditanyakan di kotak komentar

6 komentar:

  1. Terima kasih, Mas. Ini yang sangat saya butuhkan. Saya akan langsung coba. Maju terus untuk blog ini! Doakan saya berhasil ya, Mas? :-D


    Salam hangat dan jabat erat,

    Ade Malsasa Akbar
    Teknoplasma

    BalasHapus
  2. Saya sudah ikuti sampai langkah 5, Mas. Langkah 6-nya saya masih nemu abu-abu itu pilihan modemnya. Modem saya belum dikenali. Sudah saya jajal tutorial ini sekitar 5 kali. Saya sudah gonta-ganti isi /etc/modules bagian product-nya dari 1000 ke 6000 dan seterusnya. Saya restart kira-kira 10 kali. Di Ubuntu 10.10 saya ada GNOME PPP, wvdial, dan usb_modeswitch terinstal. Bagaimana langkah selanjutnya, Mas? Boleh saya japri? Atau sms? :-)


    Ade Malsasa Akbar

    BalasHapus
  3. @Ade Malsasa Akbar:Setelah diset di ubuntu testart kembali masuk ke windows konekan modemnya ke internet mas lalu restart kembali ke ubuntu selamat mencoba goodluck

    BalasHapus
  4. kalo diubuntu 11.04 gmn ya gan? tutorialnya dah sya ikuti, pas njalanin tail -f /var/log/syslog ndak pernah bisa..

    BalasHapus
  5. kalao instal modem telkomsel Flash gimana sobat...

    BalasHapus
  6. @Anonim:
    sudah dikonekin belum modemnya lewat windows gan? itu harus dikonekin dulu dari windows dan restart langsung masuk ke ubuntunya

    @Asis Sugianto:

    Hampir sama brooo,monggo di coba goodluck

    BalasHapus